Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pelatihan Komunikasi Pariwisata dan Produksi Konten Kreatif di Balai Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat. Ketua pengabdian Dr. Didik Haryadi Santoso M.A dan Kristina Andryani sebagai anggota melihat bahwa permasalahan penting dalam tata Kelola taman nasional adalah tentang komunikasi pariwisata dan produksi konten kreatif. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Didik Haryadi Santoso tentang komunikasi pariwisata mencakup bagaimana menejemen sumber daya manusia pariwisata. Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Wahyu Mulyadi seorang praktisi videograpfi dan konten kreator, yaitu materi produksi konten kreatif meliputi tentang bagaimana memproduksi dan mengelola konten untuk kepentingan promosi dan marketing dari taman nasional gunung palung di Kalimantan Barat. Didik menambahkan bahwa tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi tata Kelola sumber daya manusia pariwisata dan peningkatan kompetensi dalam memproduksi dan mengelola konten-konten untuk kepentingan promosi dan marketing taman nasional gunung palung, ujarnya.
Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 24 staf lapangan yang bertugas di Balai Taman Nasional Gunung Palung. Staf lapangan mendapatkan materi tentang komunikasi pariwisata khususnya tentang menejemen sumber daya manusia pariwisata dan materi tentang produksi konten kreatif untuk menyebarluaskan informasi taman nasional gunung palung.
Bapak Leo sebagai bagian data dan informasi sekaligus staf taman nasional gunung palung mengatakan “Saya sangat senang mengikuti pelatihan manajemen sumber daya manusia berbasis RCA dan NA, serta pelatihan konten video kreatif yang diselenggarakan dalam kolaborasi antara Balai Taman Nasional Gunung Palung dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Materinya sangat relevan dan langsung bisa diterapkan, terutama dalam meningkatkan kemampuan manajerial dan kreativitas dalam pembuatan konten. Fasilitatornya juga sangat kompeten dan menyampaikan materi dengan cara yang mudah dipahami. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dengan topik-topik menarik dan bermanfaat lainnya”.
Harapannya, peserta dapat mengasah kreativitas dan kompetensi dalam tata Kelola komunikasi pariwisata, menejemen sumber daya manusia pariwisata serta terampil dalam memproduksi dan mendistribusi konten-konten kreatif agar berdampak positif bagi kinerja dan pengembangan Lembaga Balai Taman Nasional Gunung Palung.